Beranda » Pendidikan » Terjadi Perubahan pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD

Terjadi Perubahan pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD

T Diposting oleh pada 31 Mei 2022
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 353 kali

Kurikulum merdeka tingkat SD resmi diluncurkan oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim. Tepatnya pada tanggal 11 Februari 2022. Di dalam program tersebut terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya yaitu adanya penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS. Maka dari itu, setiap pendidik haru bisa mempraktikkannya pada peserta didik agar bisa berjalan dengan lancar.

Apa Itu Kurikulum Merdeka Tingkat SD

Kurikulum Merdeka tingkat SD adalah program pembelajaran yang berfokus pada konten-konten esensial. Dengan tujuan agar para peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Di mana hal itu sengaja dikembangkan oleh Kemendikbud.

Pengembangan kurikulum merdeka merupakan bagian penting dalam upaya pemulihan pembelajaran dari krisis yang sudah dialami. Dalam program tersebut terdapat dasar-dasar hukum impedansi salah satunya permendikbudristek Nomor 5 tahun 2022.

Permendikbud tersebut berisi tentang standar kompetensi lulusan pada pendidikan usia dini, jenjang SD dan menengah. Kurikulum tersebut dibuat dengan dalih sebagai acuan menteri pendidikan dalam mengambil kebijakan lanjutan guna pemulihan akibat pandemi.

Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Untuk struktur kurikulum Merdeka jenjang SD dibagi menjadi dua yakin pembelajaran intrakurikuler dan project penguatan profil pelajar Pancasila. Adapun informasi lebih detailnya seperti yang dijelaskan pada artikel di bawah ini, maka dari itu bacalah hingga selesai.

  1. Struktur Kurikulum Merdeka Pembelajaran Intelektual
    Dalam kegiatan ini, semua mapel harus mengacu pada capaian pembelajaran. Pemerintah juga mengatur beban belajar untuk setiap muatan dalam JP per tahun. Nantinya satuan pendidikan mengatur alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 tahun ajaran.
    Satuan pendidikan juga akan menambahkan muatan lokal yang sudah ditetapkan oleh Pemda sesuai karakteristik daerah tersebut. Adapun pilihannya yaitu mengintegrasikan ke dalam mapel lain, tema project penguatan profil pelajar Pancasila dan mengembangkannya.
  2. Struktur Kurikulum Merdeka Kegiatan Project Penguatan Profil Pancasila
    Kegiatan ini memiliki tujuan utama yaitu memperkuat upaya pencapaian profil belajar Pancasila yang mengacu pada standar kompetensi lulusan. Untuk SK-nya sendiri sudah ditetapkan pada permendikbuddikkes nomor 5 tahun 2002. Di mana berisi tentang SKL PAUD dan dikdasmen.
    Sedangkan untuk profil pelajar Pancasila terdiri dari lima dimensi. Di antaranya yaitu gotong royong, Mandiri, bernalar kreatif, kebhinekaan global dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa. Nantinya project ini akan dialokasikan sekitar 20% beban belajar per tahun.

Alasan Pelajaran IPA dan IPA Digabung pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD

Alasan pertama mengapa mata pelajaran IPA dan IPS digabung pada kurikulum merdeka, yaitu karena anak usia tersebut cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu. Di samping itu para siswa juga masih dalam tahap berpikir konkret dan komprehensif.

Adanya penggabungan mata pelajaran itu juga diharapkan bisa membuat anak dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan. Nantinya mapel tersebut akan menjadi IPAS dan baru diajarkan ketika siswa sudah kelas 3.

Selain ada penggabungan mapel dalam kurikulum Merdeka tingkat SD untuk pelajaran keterampilan akan ditiadakan. Hal itu dikarenakan sudah terwadahi melalui mata pelajaran seni. Menurut nadhie Makarim program tersebut akan mulai diimplementasikan tahun 2022/2023.

Demikianlah pembahasan singkat tentang kurikulum merdeka tingkat SD. Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa untuk jenjang Sekolah Dasar terdapat penggabungan mata pelajaran yaitu IPA dan IPS. Di mana bertujuan untuk menguatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan.

Belum ada Komentar untuk Terjadi Perubahan pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Terjadi Perubahan pada Kurikulum Merdeka Tingkat SD

pendaftaran implementasi kurikulum merdeka

Beberapa Prinsip Asesmen Kurikulum Pendidikan Merdeka

T 30 Mei 2022 F A aankurn

Assessment merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar dari para siswa. Maka dari itu dalam pembuatannya harus menerapkan prinsip asesment kurikulum pendidikan merdeka. Salah satunya yaitu fungsional. 5 Prinsip Asesmen Kurikulum Pendidikan Merdeka yang Wajib Diketahui... Selengkapnya

capaian pembelajaran di kurikulum merdeka diatur

Review Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Universitas

T 27 Mei 2022 F A aankurn

Review kurikulum merdeka belajar merupakan hajat tahunan yang harus dilakukan para lembaga pendidikan dari berbagai tingkatan. Mulai dari taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA dan universitas. Dikarenakan pandemi covid 19 sebagian besar melakukannya secara darling. Review Kurikulum Merdeka Belajar untuk Tingkat... Selengkapnya

keunggulan kurikulum merdeka

Fokus Utama Kurikulum Merdeka Memberikan Fleksibilitas

T 29 Mei 2022 F A aankurn

Salah satu fokus utama kurikulum merdeka adalah memberikan fleksibilitas bagi pengajar. Nantinya, para guru bisa mengajari muridnya sesuai dengan kemampuannya. Hal itu bertujuan untuk membentuk skill peserta didik guna mempersiapkan masa depan. Dengan begitu, bisa mencetak generasi yang lebih baik... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.