Beranda » Jurnal Ilmiah » MATERI PENTING DALAM JURNAL PTK PAI SD

MATERI PENTING DALAM JURNAL PTK PAI SD

T Diposting oleh pada 17 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 591 kali

Jurnal PTK PAI SD menjadi salah satu referensi yang digunakan oleh guru untuk menyelesaikan masalah pembelajarannya di dalam kelas. Jurnal seperti ini juga tidak boleh disusun secara sembarangan, karena harus melalui beberapa proses rumit untuk menghasilkan data valid.

Pentingnya Jurnal PTK PAI SD

Seperti yang diketahui, pendidikan agama Islam atau PAI merupakan salah satu mata pelajaran yang kompleks dan banyak sekali cabangnya. Seperti ada Ilmu Fiqih, Aqidah Aqlaq, Qur’an Hadist dan juga Sejarah Agama Islam. Untuk anak sekolah dasar terkadang hal tersebut menjadi suatu masalah.

Melalui sebuah tindakan kelas, seorang guru mampu menemukan berbagai masalah dilapangan dan berupaya untuk memikirkan solusinya. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi para peneliti saja, tetapi juga semua orang yang membacanya.

Sebagai seorang guru agama, membuat jurnal ini tidak hanya membantu mengetahui dan menyelesaikan masalah dalam kelas saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bukti kemampuan diri yang dapat membantu untuk kenaikan pangkat ataupun akreditsi.

Untuk pembaca, Jurnal PTK ini bisa menjadi acuan menangani berbagai kendala yang sedang dihadapi di dalam kelas, seperti yang Anda ketahui untuk menyampaikan materi agama kepada anak SD harus memiliki strategi tersendiri agar mereka tidak rewel ketika mempelajarinya.

Materi yang ada di Dalam Jurnal PTK PAI SD

Dalam jurnal PTK PAI SD ada beberapa fokus pembahasan dan tentunya masih ada kaitannya dengan agama Islam. Salah satunya adalah pilihan materi akan yang disampaikan, tentu berbeda dengan jenis lainnya. Seperti:

1. Materi Pembelajaran Keagamaan

Materi pembelajaran bisa menjadi salah satu bagian dari jurnal PTK PAI SD. Karena materi pembelajaran ini umumnya juga memberi pengaruh besar terhadap kemampuan siswa untuk memahaminya. Sehingga, bisa saja siswa memiliki nilai rendah karena materi terlalu sulit.

Dalam jurnal PTK ini bisa diketahui apa saja yang menjadi masalah dari materi pembelajaran keagamaan tersebut. Sehingga, akan ditemukan bagaimana solusinya dan bagaimana tindakan guru selanjutnya ketika dihadapkan dengan kondisi sama.

2. Materi Praktek Keagamaan

Selanjutnya ada materi praktek keagamaan. Ini merupakan tindakan dari teori yang sudah disampaikan. Sehingga, siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari materi yang dilakukan penelitian dan sering diterapkan adalah haji, sholat, wudhu dan lain-lain.

Dalam jurnal PTK PAI SD nantinya akan dipaparkan berbagai masalah yang menjadi kendala dalam praktek kegiatan keagamaan tersebut. Ini tentunya akan berpengaruh pada pemahaman, serta kelancaran siswa dalam melaksanakan setiap proses dan rangkaiannya.

3. Materi Penilaian

Hal ini erat kaitannya dengan hasil akhir belajar siswa. Jurnal PTK PAI akan menerangkan apa saja masalah yang dihadapi dalam penyampaian materi tersebut dan beberapa solusi menanganinya. Sehingga, pembaca dan juga peneliti bisa menjadikannya sebagai referensi tepat.

Selain itu, keefektifan sebuah materi penilaian juga akan menjadi fokus yang akan diteliti. Hal ini akan menentukan apakah materi penelitian harus diganti atau hanya sekedar revisi. Dengan begitu, jurnal ini nantinya akan menghasilkan informasi yang tepat sasaran.

Jurnal PTK PAI SD akan membantu seorang guru untuk menjadi pribadi lebih baik di dalam kelasnya. Semakin banyak jurnal dibuat, akan semakin banyak pula solusi yang dijadikan acuan. Jika Anda sebagai guru dan belum pernah melakukannya, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Belum ada Komentar untuk MATERI PENTING DALAM JURNAL PTK PAI SD

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MATERI PENTING DALAM JURNAL PTK PAI SD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

T 14 Februari 2020 F , , A aankurn

Jika Anda masih awam dalam dunia publikasi karya ilmiah, maka harus berusaha untuk belajar bagaimana cara mengetahui penerbit jurnal, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mendukung dan mempublikasikan setiap tulisan agar diketahui banyak orang. Tips Cara Mengetahui Penerbit Jurnal Kiranya,... Selengkapnya

MANFAAT JURNAL ILMIAH

MANFAAT JURNAL ILMIAH

T 31 Januari 2020 F A aankurn

Mayoritas orang di Indonesia belum sadar terhadap adanya manfaat jurnal ilmiah yang mereka publikasikan, sehingga cenderung malas dalam melakukan penelitian serta menulisnya. Padahal, jika diurai lebih lanjut, hal tersebut sangat berguna bagi penulis secara pribadi maupun pihak lain. Manfaat Dipublikasikannya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.