Beranda » Jurnal Ilmiah » MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

T Diposting oleh pada 5 Februari 2020
F Kategori , , ,
b 1 komentar
@ Dilihat 8462 kali

Publikasi adalah suatu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis dalam mempresentasikan apa yang sudah dikerjakanya. Hal ini merupakan titik tolak untuk mengetahui sejauh mana perkembangan ilmu-ilmu dalam segala bidang di seluruh dunia.

Apa Itu Publikasi?

Untuk membahas lebih lanjut mengenai arti dari publikasi supaya Anda lebih memahaminya, maka alangkah sangat baik jika hal tersebut disandarkan pada pengertian menurut para ahli kenamaan yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

1. Menurut Astika pada 2008

Astika mengatakan bahwa publikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk menyebarkan informasi bermanfaat dalam apapun misalkan itu tulisan, video, foto dan lain-lain sebagainya kumpulan publikasi ilmiah.
Ia juga memaknai bahawasanya publikasi tersebut bisa digunakan sebagai sarana iklan atau promosi sehingga masyarakat menjadi tertarik.

2. Publikasi Berdasarkan Pemikiran Tjiptono

Hampir sama dengan Astikan, Tjiptono juga mengatakan bahwasanya publikasi merupakan sebuah kegiatan untuk menyebarkan suatu ide pada masyarakat luas secara berkelompok.
Ia mengkalsifikasikan bahwa publikasi dapat diguanakan sebagai sarana:

  • Mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan.
  • Membranding kepopuleran orgaisasi tertentu.
  • Menyebarkan informasi tentang suatu acara.

3. Publikasi Menurut Pendapat Sofjan Assauri

Menurut tokoh terkenal Sofjan Assauri, publikasi adalah merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam rangka menarik minat mansyarakat terhadap suatu produk atau jasa agar mereka bersedia menggunakan hal tersebut melalui media ragam publikasi ilmiah yang bersifat komersial seperti halnya:

  • Pamflet
  • Buku
  • Video
  • Foto
  • Poster
  • Wawancara televisi
  • Iklan radio
  • Iklan maajalah

4. Pengertian Publikasi Menurut Pemikiran Mustafa

Mustafa mengemukakan bahwasanya publikasi merupakan suatu cara untuk memberitahukan seseorang terhadap suatu infomasi, produk, maupun ilmu. Di dalamnya terdapat banyak keuntungan tujuan publikasi ilmiah antara lain:

  • Publikasi pasti akan sampai pada pengguna yang disasar.
  • Publikasi bisa mempengaruhi kemauan sesorang terhadap sesuatu yang telah dipaparkan karena ia mempunyai sifat dramatisasi.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa publikasi adalah suatu strategi untuk menyebarkan informasi, ide serta menarik minat khalayak ramai? Oleh karena itu, jangan bosan-bosan untuk terus mempublikasikan karya selama itu membawa kemanfaatan bagi masyarakat luas.

1 Komentar untuk MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

CONTOH MAKALAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU SD

CONTOH MAKALAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU SD

Selain jurnal, Anda juga harus membaca banyak contoh makalah untuk kenaikan pangkat guru SD. Karena hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan karir sebagai pendidik di tingkatan Sekolah Dasar, supaya bisa menaikkan jabatan ke golongan lebih tinggi dari sebelumnya. Seberapa Penting... Selengkapnya

JURNAL PTK SMK & KARAKTERISTIKNYA YANG WAJIB DIKETAHUI

JURNAL PTK SMK & KARAKTERISTIKNYA YANG WAJIB DIKETAHUI

T 24 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK SMK merupakan penelitian yang bertujuan meningkatkan proses pembelajaran siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal PTK ini tidak hanya terfokus pada mata pelajaran umum, tetapi juga mata pelajaran yang bersifat konsentrasi kejuruan yang diajarkan di sekolah. Pentingnya Jurnal PTK... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Saat ini, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai materi bahasa jawa. Mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk menemukan solusi tepatnya, dibuatlah Jurnal PTK Bahasa Jawa agar bisa mencari tahu apa penyebab permasalahannya. Penyebab Siswa Kurang Bisa Menggunakan Bahasa Jawa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.