Beranda » Jurnal Ilmiah » MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

T Diposting oleh pada 25 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 423 kali

Jurnal PTK Metode Demonstrasi merupakan penelitian berbentuk jurnal ilmiah yang menggunakan metode demonstrasi. Metode ini dilakukan para guru untuk mengevaluasi kinerja selama memberikan materi dalam proses pembelajaran di kelas. Metode ini juga menjadi salah satu model yang efektif diterapkan.

Apa itu Metode Demonstrasi?

Demonstrasi merupakan sebuah metode yang cukup efektif diterapkan di dalam kelas. Hal tersebut dikarenakan dapat membantu siswa/i dalam mencari jawaban melalui usahanya sendiri. Metode ini mengacu berdasarkan fakta dan didukung data-data yang valid.

Sedangkan metode demonstrasi itu sendiri adalah metode penyajian pembelajaran yang ditujukan kepada siswa/i tentang suatu gambaran proses, benda-benda tertentu, atau sebuah situasi. Hal tersebut dapat berupa hal yang sebenarnya atau rekayasa (tiruan) yang sengaja dibuat.

Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak dapat terlepas dari segala bentuk penjelasan guru secara lisan. Penjelasan verbal yang dimaksudkan dalam strategi pembelajaran ini dapat digunakan untuk mendukung kesuksesan dan keberhasilan strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori.

Meskipun dalam proses melakukan metode demonstrasi peran siswa hanya sekadar memperhatikan saja, tetapi dari metode ini guru dapat menyajikan berbagai bahan pelajaran atau materi yang lebih konkrit dan sistematis.

Senada dengan hal di atas, belajar merupakan proses aktif untuk memahami hal-hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki. Di sini, seringkali terjadi penyesuaian dari pengetahuan yang sudah dimiliki dengan pengetahuan baru. Maka, ada tahapan evaluasi terhadap informasi yang didapat.

Karakteristik Jurnal PTK Metode Demonstrasi

Berdasarkan jenisnya, Jurnal PTK Metode Demonstrasi memiliki beberapa karakteristik yang menjadi ciri-cirinya. Jika ingin membuat atau hanya sekadar mengenali jurnal penelitian ilmiah ini, penting untuk mengetahui beberapa karakteristik berikut:

1. Lebih Menekankan Praktik Pengajaran secara Langsung

Praktik pengajaran secara langung yang dimaksudkan pada jurnal ini adalah dengan menggunakan alat peraga atau media dalam penyampaian materi kepada siswa/i. Sehingga, siswa/i diharapkan dapat lebih baik dalam menyerap pelajaran di dalam kelas.

Dalam pelaksanaannya, seorang guru harus menyesuaikan alat atau media yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan. Hal ini bertujuan supaya tidak menimbulkan persepsi yang berbeda-beda, dengan apa yang dirancang sebagai tujuan pembelajaran.

2. Proses Pelaksanaan Metode Melibatkan Siswa/i secara Aktif

Penerapan metode demonstrasi untuk jurnal PTK dalam pelaksanaannya harus melibatkan siswa secara aktif. Posisi guru dalam hal ini hanya sebatas membimbing dan mengarahkan setiap proses pembelajaran di kelas.

Dengan cara ini, aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa/i bisa lebih maksimal. Jurnal PTK ini juga dapat meningkatkan hasil belajar. Maka, dengan melibatkan siswa/i secara aktif, PTK dapat menghasilkan bahan evaluasi dan strategi pembelajaran baru yang lebih masif.

3. Berbentuk Siklus

Jurnal ilmiah ini merupakan jenis PTK classroom action research yang berbentuk siklus. Siklus yang dimaksudkan adalah hal-hal yang meliputi pelaksanaan tindakan, perencanaan kegiatan, refleksi, dan observasi. Biasanya, nilai yang diperoleh didasarkan pada hasil tes setiap akhir siklus belajar.

Jurnal PTK metode demonstrasi lebih banyak terfokus untuk mengkaji penerapan metode. Metode yang digunakan di dalamnya tentu bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa/i dan ke-efektifan guru dalam memberikan materi di dalam kelas.

Jurnal PTK Metode Demonstrasi mencakup keseluruhan mata pelajaran. Hanya saja, jurnal ini terfokus pada kajian metode yang digunakan. Metode demonstrasi yang bersifat fleksibel, menjadikan metode ini sering digunakan guru dalam penelitian tindakan kelas (PTK).

Belum ada Komentar untuk MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

Pada umumnya, setiap penerbit yang akan mempublikasikan karya Anda pasti memiliki standar penilaian jurnal ilmiah masing-masing. Hal tersebut haruslah benar-benar dipahami oleh peneliti dan juga menulis dalam rangka menciptakan laporan hasil penelitian berkualitas unggulan. 3 Penilaian Dasar Jurnal Ilmiah Secara... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

Disadari atau tidak, jurnal nasional pendidikan akan memberikan dampak penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran di Indonesia. Kebermanfaatan tersebut tidak hanya berlaku bagi sekolah saja, melainkan juga untuk guru, siswa dan seluruh civitas akademika. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas Sudah pasti bahwa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.