Beranda » PEMBELAJARAN DARING » PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

T Diposting oleh pada 20 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 628 kali

Saat pembelajaran zona hijau berlangsung, banyak stigma yang salah dari berbagai orang. Dengan begitu juga akan berdampak pada aktivitas siswa di sekolah masing-masing. Hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa hal negatif.

Beberapa Anggapan yang Salah saat Pembelajaran Zona Hijau Berlangsung

Tidak semua orang paham akan makna dari zona hijau. Bahkan di antara mereka ada yang menganggapnya seperti zona aman sebelum pademi menyerang. Beberapa anggapan yang muncul sering kali menjadi pernyataan tidak benar, berikut ulasannya:

1. Menganggap Semua Aman-aman Saja

Dikarenakan zona hijau tidak ada korban yang terkena Covid-19 maka orang menganggap enteng virus tersebut. Padahal mereka tidak paham kalau bisa jadi ada orang terjangkit berada di sekitarnya. Oleh karena itu, pihak sekolah atau guru harus pandai dalam melakukan sosialisasai.

Berikan wacana kepada siswa untuk memahaminya. Mungkin untuk tingkat SD akan sedikit kesulitan saat melakukan pemaparan. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan pengarahan pada wali murid melalu langkah daring, baik via pesan Whatsapp ataupun media lainnya.

2. Tidak Menggunakan APD

Pembelajaran zona hijau juga mengharuskan siswanya menggunakan APD, baik berupa masker ataupun pelindung untuk wajah. Jika tidak memakainya, bisa jadi terkena beberpa hal buruk (bukan hanya Covid-19 saja).

Guru harus tegas dan menegur jika ada anak didiknya yang tidak menggunakan perlengkapan APD dasar. Namun lakukan dengan cara halus dan lembut agar tidak menyeakiti perasaannya. Ini juga bisa dilakukan saat mereka memasuki gerbang dengan memeriksanya secara langsung.

3. Kurangnya Pemahaman Akan Virus

Pemahanan akan Covid-19 yang kurang tepat juga bisa mempengaruhinya. Sebagai contoh orang tua menganggap bahwa virus ini tidak akan menyerang mereka yang memiliki ketahanan tubuh kuat. Namun mereka tidak paham jika tubuh putra-putri bisa lelah (penurunan imun) kapan saja.

Oleh karena itu, sebagai guru yang baik lakukan sosialisasi di tengah pembelajaran berlangsung. Akan tetapi jangan sampai menakut-nakutinya.
Pembelajaran zona hijau memang dianggap hal yang paling aman untuk saat ini, namun pastikan siswa-siswi menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK  LINGKUP SMA

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK LINGKUP SMA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Pedemi yang telah berlangsung ini memang merubah segala hal termasuk juga dalam pembelajaran di lingkup sekolah SD, SMP ataupun SMA. Bahkan pembelajaran zona hijau pun juga diberhentikan. Namun di tahun 2020 ini membelajaran akan kembali dilaksakan dengan acuan “New Normal”... Selengkapnya

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

T 5 Agustus 2020 F A aankurn

Penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak sekolah memberhentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Sebagai salah satu solusi, kini mereka menggantinya melalui pembelajaran video dan dinilai memerlukan strategi penting agar berjalan sesuai target. 3 Strategi Penting... Selengkapnya

TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

T 12 Agustus 2020 F A aankurn

Mewabahnya COVID-19 di seluruh dunia memang berdampak luas bagi seluruh sektor tak terkecuali pendidikan. Tidak hanya siswa SD dan tenaga pendidik saja yang ikut merasakan peralihan dari pertemuan tatap muka menuju pembelajaran video ini, namun juga para orang tua peserta... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.