Beranda » PTK SMA » PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

T Diposting oleh pada 10 November 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 234 kali

PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI-Pendidikan adalah suatu kegiatan yang sadar untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pendidikan (Suryosubroto, 9:2010). Karena itu pengajar yang efisien benar-benar punya pengaruh pada sesuatu mekanisme pembelajaran yang hendak diaplikasikan, untuk mendukung kesuksesan belajar pelajar. Hingga sebagai salah satunya elemen mekanisme pembelajaran, mode pembelajaran berperan untuk tingkatkan peran taktik pembelajaran. Mode Pembelajaran yang buruk akan memengaruhi prestasi pelajar, ketertarikan pelajar, salah paham pahami ide, kekuatan menulis pelajar.

Dengan diperbolehkannya pembelajaran secara tatap muka pasca meredanya penyebaran virus covid 19, juga vaksinasi, pembelajaran mulai direncanakan sedemikian rupa oleh setiap guru, untuk menyelenggarakan kembali kegiatan belajar mengajar secara tatap muka yang sudah lama tidak dilakuakan. Pendidikan memang mempunyai peranan yang sangat penting untuk membentengi generasi muda dari dampak negative, dan kesiapan generasi muda dalam menghadapi gelobalisasi baik di tingkat MI, MTs, MA, maupun Perguruan Tinggi. Maka dari itu, kebijakan pemerintah yang memberikan izin kepada setiap sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, begitu disambut gembira oleh banyak orang, khususnya para guru.

Setelah pembelajaran dilakukan secara tatap muka kembali, guru-guru di SMA Negeri indonesia mulai menemui berbagai permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti halnya permasalahan kedisiplinan, dan penurunan Kemampuan Menulis. Pembelajaran secara tatap muka mungkin sudah menjadi suatu yang asing, karena sudah begitu lama peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab timbulnya permasalahan ini. Sepertihanya permasalahan menurunnya kemampuan menulis yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dikelas X MIPA 2. Guru mengamati pada saat peserta didik kelas X MIPA 2 mengerjakan sebuah tugas membuat teks deskriptif, terlihat sangat kesulitan. Banyak peserta didik yang kedapatan mencontek temannya. Hal ini menimbulkan dampak pada hasil belajar, terutama pada kemampuan menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia yang terus menurun di kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia.

Oleh sebab itu, guru sebagai pendidik berusaha meningkatkan Kemampuan Menulis peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan membuat penelitian tindaka kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction).

Setelah diterapakan, didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Langsung (Direct Intruction) di kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia dapat meningkatkan Kemampuan Menulis peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia pada materi “Teks Biografi”. Hal tersebut dapat diketahui dari data pada siklus 1. pada siklus I, mulai terjadi peningkatan pada kemampuan menulis siswa kelas X MIPA 2. Terdapat 21 (80,77%) siswa kelas X MIPA 2 yang mencapai criteria KKM. Sedangkan pada siklus II terdapat 25 (96,15%) siswa yang mencapai KKM yang telah ditentukan.

Kata Kunci:Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Menulis, Kelas X MIPA 2, Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pengajaran ialah satu aktivitas yang sadar untuk capai satu arah. Arah pengajaran sebagai salah satunya poin penting dalam aktivitas pengajaran (Suryosubroto, 9:2010). Karena itu pengajaran yang efisien benar-benar punya pengaruh pada sesuatu mekanisme pembelajaran yang hendak diaplikasikan, untuk mendukung kesuksesan belajar pelajar. Hingga sebagai salah satunya elemen mekanisme pembelajaran, mode pembelajaran berperan untuk tingkatkan peran taktik pembelajaran.

Istilah mode bisa disimpulkan sebagai penampilan grafis, proses kerja yang teratur atau struktural, dan memiliki kandungan pertimbangan memiliki sifat rincian atau keterangan. Rincian atau keterangan memperlihatkan jika satu mode design pembelajaran menyuguhkan bagaimana satu pembelajaran dibuat atas dasar teori-teori seperti belajar, pembelajaran psikologi, komunikasi mekanisme dan lain-lain. Design pembelajaran memiliki kandungan faktor bagaimana seharusnya pembelajaran diadakan atau dibuat lewat rangkaian proses dan pembuatan lingkungan belajar. Disamping itu, design pembelajaran terdiri dari beberapa kegiatan yang penting dikerjakan untuk satu proses belajar (Prawiradilaga, 33:2008). Mode Pembelajaran yang buruk akan memengaruhi prestasi pelajar, ketertarikan pelajar, salah paham pahami ide, kekuatan menulis pelajar.

Pemakaian mode pembelajaran ini sangat penting dalam aktivitas belajar mengajarkan dalam kelas, dimulai dari tingkat SD, SMP, SMA, atupun Perguruan Tinggti. Dalam pemakaiannya, penyeleksian mode pembelajaran didasari pada keadaan kelas atau pelajar, perlengkapan, dan sekitar lingkungan. Karena penyeleksian mode pembelajaran yang tidak memerhatikan ini, bisa menjadi tidak efisien diaplikasikan.

BAB-I

CONTOH PTK

Model dan metode pembelajaran yang sebelumnya digunakan dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri indonesia, khususnya di kelas X MIPA 2, masih belum bisa dikatakan berhasil. karena banyak peserta didik yang masih rendah kemampuan menulisnya dalam membuat sebuah teks karangan. Kenyataan ini membuat peneliti berusaha mencari model dan metode yang tepat untuk mengatasi masalah rendahnya Kemampuan Menulis teks, peserfta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia.

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Semester Ganjil

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) PADA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA INDONESIA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022

DOWNLOAD KATALOG PTK LENGKAP FILE WORD

Setelah mencari dari berbagai sumber terkait solusi yang dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan diatas, guru menemukan satu metode yang dirasa mampu meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia. Model yang dimaksud adalah Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction). Salah satu model pembelajaran yang menarik adalah Direct Intruction atau Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction). Karena mode Direct Intruction bisa mengikutsertakan guru dan pelajar lebih aktif. Hal itu karena pelajar dapat berpikir langsung karena ada alat peraga dipertunjukkan. Oleh karenanya untuk tingkatkan Kekuatan Menulis di X MIPA 2 SMA Negeri indonesia, karena itu jalan keluarnya yakni dengan memakai mode Direct Intruction atau yang kerap disebutkan Mode Evaluasi Langsung (Direct Intruction). Karena Kekuatan Menulis pelajar benar-benar pentig dimilki peserta didik. Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) yang lebih berfokus pada keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dapat membuat peserta didik menjadi bersemangat. Dalam kegiatan belajar mengajar yang menerapkan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction), peserta didik diminta untuk secara langsung ikut andil dalam terselenggaranya kegiatan belajar mengajar, dan bukan hanya mendengarkan penjelasan dari guru.
Dengan kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan secara tatap muka dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) dan pemanfaatan media visual power point dan contoh Teks Biografi yang dikreasikan. Guru berharap hal ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan Kemampuan Menulis, dan khususnya Kemampuan Menulis peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri indonesia.

Kelebihan dari Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) diantaranya dapat melatih kemampuan peserta didik dalam menciptalan sesuatu, berdiskusi, peserta didik menjadi lebih aktif, lebih bersemangat dan berani dalam mengemukakan pendapat dan berkarya, dapat menimbulkan motivasi peserta didik, dan dapat meningkatkan kerja keras peserta didik, lebih giat.

Berdasarkan permasalahan diatas, diputuskan untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis dan juga Kemampuan Menulis sebuah teks pada peserta didik kelas X-IPA.

Belum ada Komentar untuk PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

CONTOH PTK PKN SMA

CONTOH PTK PKN SMA

T 10 Juni 2020 F A aankurn

Salam hangat bagi Rekan Guru Sekalian! Pada pembahasan kali ini Admin telah menyediakan materi berupa contoh proposal PTK SMA PKN yang merupakan materi belajar kewarganegaraan. Dimana para siswa akan lebih diajak serta ditumbuh kembangkan jiwa nasionalismenya jurnal ptk pkn sma.Materi... Selengkapnya

PTK MATEMATIKA SMA KURIKULUM 2013

PTK MATEMATIKA SMA KURIKULUM 2013

T 8 Juni 2020 F A aankurn

Halo Rekan Guru bagaimana kondisi kelas ketika sedang mengajarkan mata pelajaran matematika? Apakah sudah sesuai dengan harapan? Jika belum, maka sudah tentu rekan sekalian perlu mengadakan sebuah evaluasi untuk memperbiaki sistem belajar melalui PTK Matematika SMA.Memang tak bisa dipungkiri bahwa... Selengkapnya

CONTOH JUDUL PTK FISIKA SMA

CONTOH JUDUL PTK FISIKA SMA

T 26 Juni 2020 F A aankurn

Salam sejahtera Rekan Guru semua! Admin akan memberikan materi dan contoh file yang dapat di download, berupa PTK SMA fisika yang dapat dijadikan rujuan dalam memperbaiki mutu belajar. Terlebih bagi praktisi yang merasa tidak memiliki waktu untuk menyusunnya.Maka, dengan membuka... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.