Beranda » Jurnal Ilmiah » PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

T Diposting oleh pada 30 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 906 kali

Pemilihan kata yang tepat untuk pembuatan judul jurnal ilmiah harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan agar mampu menginterpretasikan dan memberikan gambaran singkat tentang pemaparan yang terdapat pada karya tersebut.

Pahami Jurnal Ilmiah sebelum Membuat Judul

Memahami serta mengenal jurnal ilmiah sangat diperlukan untuk berbagai kalangan, terutama mereka yang sedang membutuhkan informasi akurat dalam suatu disiplin ilmu. Selain itu, artikel yang diterbitkan pada interval waktu tertentu ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

Jurnal ilmiah juga dijadikan sebuah kriterian minimal dan bahkan sebuah persyaratan ketika guru atau dosen akan diamanati sebuah kenaikan pangkat, penilaian instansi serta digunakan saat momen-momen tertentu.

Banyak kesalahan yang terjadi dalam pembuatan jurnal ilmiah. Hal tersebut tentu saja akan menyulitkan pemilik, karena akan mengalami berbagai keterlambatan dan boros waktu dalam penulisannya.

Pemadatan materi yang luas pada jurnal ilmiah terkadang memberikan kesulitan, karena harus menyimpulkan dan menfasirkan hal tersebut dengan akurasi yang mumpuni dalam cakupan disiplin ilmu tertentu.

Penyampaian dan pengembangan katanya juga harus tepat dan cermat. Setiap kalimat yang ditulis memiliki makna yang mendalam, serta memiliki akurasi nilai tinggi.

Jurnal yang baik harus disusun dengan sistematika tepat, dimulai dengan penentuan judul, penulisan abstrak, pendahuluan, pemilihan bahan dan metode. Kemudian hasil, lalu pembahasan, diakhiri dengan kesimpulan, serta ditambahkan daftar pustaka untuk menunjang akurasinya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Judul

Pada penulisan jurnal, harus disertai dengan judul yang tepat. Karena hal tersebut akan menentukan seperti apa minat pembacanya nanti, pembuatan judul jurnal ilmiah harus jelas, interpretatif dan todak ambigu pasti akan lebih menarik.

Jumlah Kata

Dalam penulisan sebuah judul, tidak diperbolehkan memasukkan lebih dari sepuluh kata dalam bahasa Inggris dan dua belas kata dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut berkaitan erat dengan konsep efiesiensi yang dijadikan acuan.

Peletakan Judul

Judul sebuah jurnal ilmiah harus diletakkan di atas tengah halaman (center text), menggunakan huruf besar atau kapital secara keseluruhan, serta diharuskan untuk dicetak tebal. Dengan begitu, nantinya para pembaca akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi melalui judul tersebut.

Pemilihan Judul

Pemilihan dalam judul jurnal ilmiah juga sangat penting untuk dipertimbangkan untuk menghindari miskonsepsi dan kesalah pahaman pada pembaca. Misalnya judul yang tepat adalah “Penerapan Formula Termodinamika pada Pengitungan Peredaran Uang di Negara Indonesia”.

Kriteria Judul

Judul tidak boleh terlalu umum dan harus menampakkan topik spesifik yang akan dibahas, karena hal tersebut akan menyebabkan kebingungan pada pembacanya nanti. Selain itu, juga tidak boleh ditulis menggunakan penyampaian bahasa puitis.

Contoh Judul Jurnal Ilmiah

Contoh judul yang umum adalah “Penerapan Rumus Fisika pada Penghitungan Uang”, kata yang digaris bawahi harusnya menampilkan sebuah kejelasan topik pembahasan secara spesifik, bukan hanya pernyataan yang sifatnya umum.

Dalam penulisan dan pemilihan judul jurnal ilmiah, diwajibkan untuk memegang konsep kejelasan seperti apa arah pembahasannya nanti. Sehingga, judul harus disertai dengan subyek yang jelas dan tepat.

Pada judul jurnal ilmiah “Penerapan Formula Termodinamika pada Pengitungan Peredaran Uang di Negara Indonesia”. Dalam frasa tersebut, kata yang digaris bawahi adalah contoh dari subyek pada pembahasan jurnal tersebut.

Di atas adalah pemaparan tentang berbagai macam ketentuan dan aturan dalam pembuatan judul jurnal ilmiah yang tepat. Hal tersebut memerlukan perhatian yang cukup besar karena nantinya akan menjadi gerbang utama pembaca dalam memahami sebuah karya.

Belum ada Komentar untuk PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

T 15 November 2019 F A aankurn

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU-Kewajiban pendidik adalah untuk mencerdaskan anak-anaknya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk dapat mencapai hasil akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, menjadi seorang guru tidak cukup hanya dengan mengajar, yakni juga dibutuhkan seperangkat silabus dari refrensi jurnal... Selengkapnya

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

Pada umumnya, setiap penerbit yang akan mempublikasikan karya Anda pasti memiliki standar penilaian jurnal ilmiah masing-masing. Hal tersebut haruslah benar-benar dipahami oleh peneliti dan juga menulis dalam rangka menciptakan laporan hasil penelitian berkualitas unggulan. 3 Penilaian Dasar Jurnal Ilmiah Secara... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

T 12 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki jenis yang banyak. Salah satunya adalah Seni Budaya. Jurnal PTK Seni Budaya sendiri meliputi beberapa tema. Misalkan seni musik, seni tari, seni rupa, seni kriya, dan masih banyak lainnya. Tujuan PTK Seni Budaya Penelitian Tindakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.