Beranda » Jurnal Ilmiah » PUBLIKASI ILMIAH PDF

PUBLIKASI ILMIAH PDF

T Diposting oleh pada 6 Februari 2020
F Kategori , , ,
b 3 komentar
@ Dilihat 611 kali

Publikasi ilmiah .pdf tentunya lebih memudahkan pihak yang menerbitkan maupun calon pembacanya. Di samping itu, hal ini memang telah menjadi aturan resmi dari pihak penerbit atau pun instansi-instansi terkait.

Mengapa Publikasi Ilmiah Harus Menggunakan File Bentuk PDF?

Melakukan publikasi ilmiah tidaklah mudah, ia harus memenuhi berbagai persyaratan tertentu yang salah satunya adalah wajib menggunakan file dalam format pdf. Sebagai seorang penulis yang bertanggunggjawab tentunya Anda juga wajib mematuhi aturan tersebut macam macam publikasi ilmiah.

1. Format Isi File Tidak Akan Berubah

Salah satu alasan mengapa publikasi ilmiah pdf wajib dilakukan adalah dengan format file tersebut, maka isinya tidak akan berubah jika telah diunduh dan didownload oleh pembaca dalam berbagai perangkat seperti handphone, laptop dan komputer.

Hal tersebut tentunya akan berbeda jika format filenya menggunakan microsoft word dan software pengolah kata lain yang rawan terhadap kerusakan isi. Terlebih, jika dibuka pada versi dan perangkat yang tidak sama dengan pembuat aslinya.

2. Tidak Mudah untuk Diplagiasi

etika publikasi pdf terdapat fitur untuk mengunci akun, agar tidak bisa disalin atau dicopy secara sembarangan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggunggjawab. Dengan tujuan memplagiat karya ilmiah Anda.

Penggunaan file format pdf inilah yang menjadi salah satu ikhtiar untuk meredam adanya plagiasi yang merupakan tindakan terlarang, serta dapat menciderai dunia literasi maupun penelitian ilmiah. Juga, tindakan tersebut bisa merugikan penulisnya pribadi.

3. Tampilan Lebih Menarik untuk Dibaca

Jika Anda membaca file dalam format pdf, maka membacanya akan lebih nyaman karena tidak khawatir isinya akan terhapus atau terklik secara tidak sengaja pada menu-menunya. Hal ini terjadi karena di sana memang sudah diatur dan disesuaikan untuk tampilan “baca” yang halamanya pun lebih lebar.

Bandingkanlah hal itu ketika Anda membaca di aplikasi pengolah kata lain yang masih aktif menu-menu serta tombolnya. Halamanya juga lebih sempit daripada format contoh publikasi ilmiah .pdf.

Itulah pembahasan mengenai publikasi ilmiah pdf yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga sedikit ilmu tersebut bisa bermanfaat, sehingga menambah pengetahuan pembaca perihal bidang penerbitan karya hasil penelitian.

3 Komentar untuk PUBLIKASI ILMIAH PDF

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PUBLIKASI ILMIAH PDF

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

T 17 November 2019 F A aankurn

Karya tulis atau jurnal dibuat oleh guru tentu tergantung jenis dan kegunaannya. Tidak terkecuali penelitian pelajaran agama Islam, seperti jurnal PTK Akidah Akhlak. Di dalamnya bisa mengulas mengenai pendidikan karakter seorang murid yang ingin diperbaiki oleh guru. Materi–Materi dalam Jurnal... Selengkapnya

CARA MEMBUAT KERANGKA JURNAL PTK MATEMATIKA

CARA MEMBUAT KERANGKA JURNAL PTK MATEMATIKA

T 19 November 2019 F A aankurn

Guru sebagai kunci pembuka keberhasilan siswa, sudah sepatutnya harus lebih inovatif, kreatif, komunikatif, edukatif, apresiatif dan profesional dalam mengajar di dalam kelas. Namun, salah satu pelajaran yang dianggap momok dan patut untuk dicari solusinya adalah Matematika. Dalam pengaplikasiaannya, seorang guru... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

T 25 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Metode Demonstrasi merupakan penelitian berbentuk jurnal ilmiah yang menggunakan metode demonstrasi. Metode ini dilakukan para guru untuk mengevaluasi kinerja selama memberikan materi dalam proses pembelajaran di kelas. Metode ini juga menjadi salah satu model yang efektif diterapkan. Apa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.