Beranda » PTK SMP » Think Talk Write untuk PTK SMP Kelas VII

Think Talk Write untuk PTK SMP Kelas VII

T Diposting oleh pada 9 Oktober 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 159 kali

Think Talk Write untuk PTK SMP Kelas VII-Dalam pendidikan guru memiliki peranan yang penting. Guru juga harus mampu membentengi peserta didik dari pengaruh buruk gelobalisasi. Dia juga di tuntut agar dapat menuntun peserta didik menuju masa depan yang cerah. Tak bisa di sangkal, tugas seorang guru memanglah berat. Penunaian tugas itu, tidak selalu berjalan dengan lancar, walau suda direncanakan.

Banyak permasalahan yang harus dihadapi guru, yang terjadi dalam sebuah peroses pembelajaran. Sepertihalnya, peserta didik yang malas, baik dalam mengikuti pelajaran, maupun penyelesaian tugas. Peserta didik yang belum tertanam sikap saling menghargai, seperti saat guru sedang menjelaskan, siswa asik mengobrol dengan teman sebangkunya. Peserta didik yang kurang disiplin, baik dalam waktu, maupun pakaian. Bahkan ada peserta didik yang tidur, ataupun bermain telephon seluler secara sembunyi-sembunyi. Disadari oleh guru, hal ini merupakan sebuah permasalahan yang membuat peruses belajar mengajar menjadi terganggu. Bahkan dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Permasalahan-permasalahan serupa juga terjadi pada siswa kelas VII SMPN dalam proses pembelajaran Luring. Siswa kelas VII begitu cepat bosan dalam mengikuti pelajaran. Peserta didik seringkali meminta untuk pembelajaran cepat selesai. Dalam peroses belajar mengajar, peserta didik kelas VII cenderung pasif dan berbicara seadanya. Padahal dalam pengimplementasian kurikulum 2013, peserta didik dituntut lebih aktif dan mandiri dalam belajar. Seharusnya peroses belajar mengajar menjadi wadah bagi peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan peserta didik khususnya kelas VII. Kegiatan belajar mengajar juga seharusnya menjadi tempat eserta didik untuk belajar menggunakan bahasa secara komunikatif. Akan tetapi dalam kenyataannya komunikasi dalam pembelajaran hanya terjadi satu arah saja, yaitu dari arah guru. Peserta didik kelas VII cenderung pasif, dan hanya berbicara seadanya saja dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa kelas VII yang menjadi turun, dan terjadi secara terus menerus. Sepertihalnya pada saat pemberian tugas, banyak dari peserta didik yang tidak dapat menyelesaikannya, padahal guru sudah memberikan soal-soal yang sesuai dengan materi yang telah mereka pelajari. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas VII.

Salah satu cara yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, atau meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik adalah penggunaan merubah setrategi pembelajaran. Guru perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran tertentu tidak hanya agar peserta didik menjadi aktif, tetapi juga untuk memberdayakan keterampilan dan meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII terhadap materi yang diajarkan. Salah satu setrategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membuat peserta didik lebih aktif dan menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan setrategi pembelajaran Think Talk Write. Think Talk Write merupakan salah satu setrategi pembelajaran yang berperan penting dalam membangun paradigma pembelajaran konstruktivistik yang menekankan pada keaktifan belajar peserta didik.

erdasarkan uraian di atas, maka akan peneliti memutuskan untuk melakukan sebuah penelitian, sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Menerapkan setrategi pembelajaran Think Talk Write Pada Pelajaran Bahasa Inggris Materi Descriptive Text Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Setelah dilakukan tindakkan, maka didapatkanlah hasil. Pada siklus 1 terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-1 yang cukup signifikan. Nilai rata-rata peserta didik meningkat hingga mencapai 76,36. Sedangkan presentase kelulusan tes peserta didik mencapai 81,82%.

Pada tahap siklus II menunjukkan bahwa, hasil peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-1 semakin maksimal, hingga mencapai lebih dari 80% siswa lulus dalam tes. Nilai rata-rata siswa kelas VII mengalami peningkatan hingga mencapai 93,94. Sedangkan presentase ketuntasan peserta didik masih mencapai 82,73%.

Kata Kunci: Setrategi Pembelajaran Think Talk Write, Descriptive Text , VII, Bahasa Inggris.

PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT DI SMPN TAHUN 2019/2020

DOWNLOAD KATALOG JUDUL

Gelobalisasi yang terjadi diseluruh negara selalu membawa dampak positif maupun negative. Dengan adanya hal ini, pendidikan memailik peranan penting untuk generasi muda. Karena dengan pendidikan, generasi muda akan mampu menyaring setiap budaya asing yang masuk kedalam lingkungannya. Dengan pendidikan juga, seorang peserta didik, bahkan mampu menjadikan gelobalisasi sebagai peluang dalam meraih prestasi.

Dalam pendidikan guru memiliki peranan yang penting. Guru juga harus mampu membentengi peserta didik dari pengaruh buruk gelobalisasi. Dia juga di tuntut agar dapat menuntun peserta didik menuju masa depan yang cerah. Tak bisa di sangkal, tugas seorang guru memanglah berat. Penunaian tugas itu, tidak selalu berjalan dengan lancar, walau suda direncanakan.

Banyak permasalahan yang harus dihadapi guru, yang terjadi dalam sebuah peroses pembelajaran. Sepertihalnya, peserta didik yang malas, baik dalam mengikuti pelajaran, maupun penyelesaian tugas. Peserta didik yang belum tertanam sikap saling menghargai, seperti saat guru sedang menjelaskan, siswa asik mengobrol dengan teman sebangkunya. Peserta didik yang kurang disiplin, baik dalam waktu, maupun pakaian. Bahkan ada peserta didik yang tidur, ataupun bermain telephon seluler secara sembunyi-sembunyi. Disadari oleh guru, hal ini merupakan sebuah permasalahan yang membuat peruses belajar mengajar menjadi terganggu. Bahkan dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Permasalah bukan hanya disebabkan dari satu sisi saja, yaitu peserta didik. namun juga terkadang dari pendidik itu sendiri. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, atau setrategi belajar yang kurang efektif juga menjadi penyebab terjadinya permasalahan. Seperti halnya penggunan metode yang kurang tepat dengan kondisi peserta didik akan membuat peserta didik merasa kesulitan dalam mengikuti peruses belajar mengajar. Juga dalam penggunaan media, yang kurang menarik minat peserta didik, akan membuat peserta didik bosan, dan malas mengikuti peroses jalannya pembelajaran. Akibatnya, peruses belajar mengajar tidak berjalan secara maksimal, hingga mengakibatkan penurunan hasil belajar peserta didik.

Salah satu cara yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, atau meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik adalah penggunaan merubah setrategi pembelajaran. Setrategi pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal. Setiap guru diharapkan dapat menggunakan Setrategi pembelajaran yang efektif, dan tepat untuk diterapkan didalam kelas yang terdapat bermacam-macam peserta didik dengan karakteristik yang berbeda-beda. Penggunaan Setrategi pembelajaran yang sering digunakan pada saat peroses belajar mengajar guru di SMPN 15 masih dirasa sangat kurang efektif. Karena penggunaan Setrategi pembelajaran guru kurang dapat membuat peserta didik aktif dan senang dalam mengikuti peruses belajar mengajar, sehingga peserta didik pasif dalam mengikuti pelajaran. Sering kali, dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam merespon pertanyaan dan tugas dari guru, khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Jika guru mampu menggunakan Setrategi pembelajaran yang tepat, peserta didik pasti akan menjadi aktif dalam mengikuti pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris.

Guru perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran tertentu tidak hanya agar peserta didik menjadi aktif, tetapi juga untuk memberdayakan keterampilan dan meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII terhadap materi yang diajarkan. Salah satu setrategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membuat peserta didik lebih aktif dan menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan setrategi pembelajaran Think Talk Write

Belum ada Komentar untuk Think Talk Write untuk PTK SMP Kelas VII

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Think Talk Write untuk PTK SMP Kelas VII

PTK SMP KURIKULUM 2013

PTK SMP KURIKULUM 2013

T 27 Mei 2020 F A aankurn

Salam bagi Para Rekan Guru yang tengah memberikan pengetahuan kepada para siswanya! Kali ini blog yang diposting akan membahas terkait materi PTK SMP kurikulum 2013 dimana hal tersebut merupakan perubahan sistem belajar yang dilakukan oleh pemerintah judul ptk bahasa indonesia... Selengkapnya

PTK BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI MASA PANDEMI COVID-19

PTK BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI MASA PANDEMI COVID-19

T 5 Juli 2021 F A aankurn

Hasil belajar kelas VIII masa pandemi covid -19 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tergolong rendah, karena dari 29 siswa (81,82%) dari 36 siswa tersebut yang mendapat rata-rata nilai hasil belajar sebesar 55,9 1 (di bawah KKM sebesar 65). Oleh sebab... Selengkapnya

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

T 10 Juni 2021 F , , , , A aankurn

Dalam pembelajaran dapat dikatan berhasil dapat dilihat pada penguasaan materi pelajaran oleh peserta didik. Selain itu, berhasilnya proses pembelajaran bisa diketahui dari seberapa banyak penguasaan materi yang didapatkan pada perolehan nilai. Penggunaan metode yang tepat serta menarik, membuat adanya interaksi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.