Beranda » Jurnal Ilmiah » TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

T Diposting oleh pada 12 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 401 kali

Jurnal PTK Sejarah merupakan penelitian khusus terhadap mata pelajaran sejarah di kelas. Penelitian atau analisis ini berbentuk jurnal ilmiah dan berfokus pada PTK yang signifikan. Setelah membuatnya akan mendapat kesimpulan sebagai hasil akhir untuk bahan evaluasi.

Tujuan Jurnal PTK Sejarah

Hingga saat ini, proses pembelajaran di dalam kelas masih didominasi oleh materi-materi yang wajib dihafalkan siswa. Situasi kelas sebagian besar berfokus pada guru sebagai sumber utama pemberi wawasan dan pengetahuan. Alhasil, metode ceramah menjadi pilihan sebagai strategi belajar mengajar.

Tujuan Jurnal PTK sejarah adalah untuk menciptakan pola pembelajaran baru yang mampu menjembatani siswa/i menyerap penyampaian materi guru. Ini secara otomatis meningkatkan kemampuan maupun keterampilan, dalam menentukan penggunaan metode dan strategi pembelajaran.

Sejarah seringkali dianggap mata pelajaran tidak menarik dan membosankan. Kebosanan dialami siswa/i rata-rata dikarenakan, metode pembelajaran yang terus menerus mengajak mereka menghafal dan mengingat materi sejarah dalam jumlah banyak.

Mata pelajaran sejarah cenderung bersifat teoritis, ini membuat guru tidak memiliki metode pembelajaran yang bervariatif. Selain itu, efektifitas guru dalam mengajar juga kurang bisa diserap dengan baik oleh siswa/inya. Maka dari itu, penyusunan jurnal PTK sejarah perlu dilakukan.

Manfaat Jurnal PTK Sejarah

Manfaat dapat diperoleh baik dalam proses penyusunan ataupun yang ada pada tujuan dibuatnya PTK. Berikut manfaat yang dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas belajar mengajarnya:

1. Meningkatkan Efektivitas Penyampaian Materi Sejarah di Dalam Kelas

Sejarah merupakan mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Siswa/i harus menyerap informasi dengan metode pembajaran yang baik dan tepat. Maka, penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Peningkatan efektivitas ini bisa didapatkan melalui jurnal PTK sejarah yang dibuat oleh guru dan pihak-pihak yang berkontribusi. Dari jurnal ini, akan ditemukan beberapa permasalahan yang harus dievaluasi menggunakan kesimpulan yang dihasilkan.

2. Mata Pelajaran Sejarah Tidak Lagi Membosankan Bagi Siswa/i

Hafalan mengenai sejarah yang sangat banyak membuat siswa/i menjadi jenuh dan kurang menguasai materi. Pemasalahan yang kerap kali terjadi adalah, materi saat ini diberikan besok sudah lupa. Terkadang mereka justru melakukan contekan saat ujian berlangsung.

Karena tidak memperoleh variasi pembelajaran yang lebih segar untuk menarik minat, siswa/i secara otomatis tidak bisa menyerap materi dengan baik. Hadirnya jurnal PTK sejarah akan menemukan pokok-pokok persoalan beserta solusi untuk mengatasi permasalahan.

3. Meningkatkan Minat Mata Pelajaran Sejarah

Penting dan perlu diupayakan metode yang dapat memotivasi dalam menuntaskan materi dengan baik. Ini karena, dapat meningkatkan pembelajaran di dalam kelas dan menghilangkan kesan bahwa mata pelajaran sejarah hanya bersifat hafalan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan dituntut untuk maju dengan pesat. Penggunakan Teknologi atau media yang tepat, diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan kegiatan siswa/i khususnya dalam mata pelajaran sejarah di sekolah.

4. Mengetahui Permasalahan Siswa/i

Setiap siswa/i tentu tidak sama dalam menyikapi sebuah permasalahan yang ada, selain itu juga pola fikir yang tidak sama. Dengan menggunakan PTK, akan didapat solusi tepat yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah setiap individu.

Namun, hal ini tidak secara langsung dapat dilakukan. Perlu beberapa tahapan dan pemikiran matang untuk pengaplikasian PTK yang dilakukan.

Peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas harus dilakukan. Hadirnya jurnal PTK sejarah ini untuk meningkatkan efektivitas guru dalam memberikan materi sejarah kepada siswa/i di kelas. Dengan begitu, penyerapan materi akan lebih maksimal dan nilai raport mereka juga semakin baik.

Belum ada Komentar untuk TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN  NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu. Fokus dalam Jurnal Non PTK... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi. Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional... Selengkapnya

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

T 30 November 2019 F A aankurn

Pemilihan kata yang tepat untuk pembuatan judul jurnal ilmiah harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan agar mampu menginterpretasikan dan memberikan gambaran singkat tentang pemaparan yang terdapat pada karya tersebut. Pahami Jurnal Ilmiah sebelum Membuat Judul Memahami serta mengenal jurnal ilmiah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.