Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

T Diposting oleh pada 26 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 825 kali

Jurnal PTK Pendidikan merupakan penelitian dalam bentuk karya ilmiah jurnal yang membahas seputar dunia pendidikan. Jurnal ini bersifat universal, mengingat pembahasan dunia pendidikan sangat luas dan beragam. Mulai dari isu-isu pendidikan maupun proses pembelajaran peserta didik.

Tujuan Jurnal PTK Pendidikan

Jurnal PTK pendidikan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa/i melalui penerapan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang sangat beragam pada dasarnya memiliki satu tujuan yaitu untuk memperbaiki dan mengevaluasi kinerja pendidik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan.

Jurnal ini juga digunakan untuk menemukan metode pembelajaran yang tepat. Ciri-ciri metode yang baik dalam pendidikan adalah mengundang rasa ingin tahu murid, memotivasi murid untuk belajar, melatih mental dan psikis, mengembangkan kreativitas dan meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari.

Selain itu, metode mengajar dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang penting dan harus ada pada proses pembelajaran. Umumnya metode adalah teknik atau cara-cara yang digunakan seorang guru dalam melakukan interaksi dengan murid saat proses pembelajaran berlangsung.

Dari beberapa hal di atas, mulai dari pemilihan metode pembelajaran, melakukan penelitian evaluasi untuk perbaikan, hingga strategi dalam pembelajaran, menjadi fokus utama dalam jurnal PTK pendidikan. Untuk hal-hal di luar itu adalah sebagai faktor pendukung yang juga tidak boleh diabaikan pendidik.

Karakteristik Jurnal PTK Pendidikan

Cakupan jurnal PTK pendidikan yang luas menjadikan jurnal ini memiliki banyak karakteristik. Pada dasarnya, karakteristik selalu mengacu pada perkembangan pola pembelajaran pendidik (guru) dan (peserta didik) murid dalam proses memberikan pendidikan. Di antara karakteristiknya antara lain.

1. Nilai Menjadi Indikator yang Dapar Mengukur Keberhasilan

Dalam pendidikan formal, nilai sebagai hasil belajar menjadi salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar murid. Nilai ini dianggap representasi yang tepat atas hasil yang dicapai, baik dari segi afektif, kognitif ataupun psikomotorik.

Sementara dalam proses belajar mengajar, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi capaian nilai. Mulai yang berasal dari internal (dalam diri) ataupun eksternal (lingkungan). Faktor internal meliputi disiplin dan motivasi. Sedangkan eksternal meliputi tujuan dan pemilihan media belajar.

2. Pengaruh Pemilihan Metode Pembelajaran yang Tepat

Metode pembelajaran yang dipilih pendidik (guru) menjadi hal yang berkaitan dengan faktor-faktor lain. Pengaruh pemilihan metode ini akan menciptakan sekaligus menentukan suasana belajar pada murid, baik pendidikan yang bersifat formal ataupun non formal.

Pemilihan metode yang tepat akan membawa suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Suasana yang tercipta ini sangat memungkinkan untuk murid lebih mampu mengembangkan kreatifitas. Suasana yang menyenangkan juga dapat membawa dampak positif terhadap motivasi belajar.

3. Pengujian Terhadap Banyak Metode Pembelajaran

Dalam jurnal PTK pendidikan, akan banyak metode pembelajaran yang diujikan. Setiap metode dipilih untuk dianalisis sesuai permasalahan dan kebutuhan guru (peneliti). Metode yang memiliki karakteristik berbeda-beda, harus ditempatkan dan digunakan pada kasus-kasus yang tepat.

Namun pada dasarnya, seluruh jenis metode memiliki tujuan yang sama, yaitu memperbaiki kinerja guru sebagai pendidik agar lebih mudah diterima murid dalam proses memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik, efektif, dan inovatif.

Jurnal PTK tentang Pendidikan mencakup seluruh proses pembelajaran. Mulai dari pendidikan yang bersifat formal ataupun non formal. Semua akan dibahas dan dianalisis dalam jurnal ilmiah ini. Manfaat yang dihasilkan jurnal pendidikan ini sangat banyak, khususnya bagi guru sebagai pendidik.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN  NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu. Fokus dalam Jurnal Non PTK... Selengkapnya

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

T 30 Januari 2020 F A aankurn

Walaupun teknologi dan pendidikan sudah semakin berkembang, namun banyak orang masih belum mengerti tujuan publikasi jurnal ilmiah. Sehingga, mereka malas menerbitkan karya-karya yang telah dihasilkan dan seolah hal tersebut hanya menjadi formalitas untuk memenuhi tugas saja. Tujuan Mempublikasikan Karya Ilmiah... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

T 12 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki jenis yang banyak. Salah satunya adalah Seni Budaya. Jurnal PTK Seni Budaya sendiri meliputi beberapa tema. Misalkan seni musik, seni tari, seni rupa, seni kriya, dan masih banyak lainnya. Tujuan PTK Seni Budaya Penelitian Tindakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.