Beranda » Jurnal Ilmiah » PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

T Diposting oleh pada 15 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 158 kali

Apakah Anda pernah mendengar istilah jurnal PTK? Terkadang setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dalam mendeskripsikannya. Namun, kebanyakan dari mereka mengatakan jurnal PTK adalah karya tulis yang berisi beberapa metode ilmiah. Benarkah begitu?

Pengertian Jurnal PTK

Berasal dari Bahasa Perancis “jour” mempunyai arti hari. Kemudian jurnal bisa diartikan sebagai tulisan atau catatan harian yang dibuat secara runtut waktu dengan sistematis. Atau bisa disimpulkan bahwa jurnal adalah formulir dalam mencatat setiap aktivitas transaksi secara urut.

Ahmad Manarul Hakin mengatakan bahwa “Jurnal adalah buku harian atau formulir khusus yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan secara kronologis sesuai dengan urutan tanggal, dengan mencantumkan nama transaksi, jenis akun dan nominal saldo di kolom debit ataupun kredit”

Sedangkan PTK menurut Suharsimi Arikunto (2006) menjelaskan “Penelitian tindakan kelas sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan”.

Suhardjono (2007) juga menegaskan “Penelitian tindakan kelas sebagai penelitian tindakan yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu proses atau praktik pembelajaran”.

Perbedaan Jurnal PTK dan Ilmiah

Banyak orang menganggap bahwa ke dua jurnal ini adalah sama, padahal memiliki ruang lingkup, cangkupan dan metode yang berbeda. Sebelum membuat masing-masing dari jurnal tersebut, perlu diperhatikan juga perbedaan yang ada antara ke duanya. Seperti:

1. Masalah Penelitian

Pada jurnal PTK, kasus penelitian didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru itu sendiri. Hal itu menjadi keresahan selama mengajar di kelas atau karena suatu kondisi kelas memancing penelitian. Serta tujuan akhirnya adalah inovasi pembelajaran agar dapat dilakukan.

Namun jurnal ilmiah, berasal dari peneliti bertujuan ingin menginformasikan sesuatu atau masalah pada hal tertentu. Juga tidak terdapat argumentatif penulis. Ini karena ditulis berdasarkan beberapa pandangan ahli yang bisa dipertanggung jawabkan.

2. Peneliti Utama

Penulis utama jurnal PTK adalah guru. Sedangkan pada jurnal ilmiah, terkadang guru hanyalah sebagai pendamping atau akan membantu memberi kriitik serta saran demi terselesainya jurnal tersebut. Bisa jadi mahasiswa ataupun beberapa peserta didik dengan jenjang lain.

3. Desain Penelitian

Pengerjaan jurnal PTK lebih lentur atau fleksibel dalam artian mengikuti kondisi yang ada. Namun, pada pengerjaan jurnal ilmiah lebih terkesan kaku dan baku terhadap berlakunya beberapa aturan. Karena sifat penelitiannya akan ditujukan untuk khalayak luas.

4. Analisis Data

Guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas harus dapat mengambil analisis data sesegera mungkin atau seketika diperlukan. Karena guru membaca situasi yang sedang terjadi. Untuk jurnal ilmiah, analisis data dapat dilakukan segera atau ditunda karena objek penelitian tidak mudah berubah-ubat dan tetap.

5. Format Laporan

Penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru dan sifatnya sesuai kebutuhan menyangkut pengembangan pembelajaran. Namun, format laporan pada jurnal ilmiah haruslah sesuai dengan aturan baku, lebih kaku dan tidak bisa menyesuaikan.

6. Manfaat Penelitian

Pengerjaan jurnal PTK oleh seorang guru memiliki manfaat dan tujuan jelas dan bersifat langsung. Ini karena akan diterapan segera mungkin, sehingga perubahan mudah untuk dilihat dalam jangka waktu singkat. Sedangkan manfaat jurnal ilmiah kurang jelas, karena hanya bertujuan memaparkan informasi.

Meski banyak jenis jurnal, namun ada perbedaan mendasar mengenai jurnal ilmiah dan non ilmiah. Seperti jurnal PTK adalah jurnal yang dilakukan oleh guru. Sedangkan jurnal ilmiah bisa dilakukan oleh siapapun.

Belum ada Komentar untuk PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

T 1 Januari 2020 F A aankurn

Jurnal PTK IPS merupakan sebuah penelitian atau analisis yang dihasilkan dalam bentuk karya ilmiah. Di dalamnya, membahas persoalan dan kejadian di dalam kelas. Ini dilakukan dengan pola pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara guru dan peserta didiknya. Tujuan... Selengkapnya

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Menjadi Pegawai Negeri Sipil menjadi dambaan banyak orang. Akan tetapi, tidak banyak yang berhasil menembusnya sebab proses seleksinya sangat ketat. Bagi Anda yang telah sukses, harus mengupayakan kemaksimalan jabatan PNS dengan membuat jurnal PTK untuk kenaikan PNS. Beberapa Contoh Judul... Selengkapnya

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.