Beranda » Jurnal Ilmiah » KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

T Diposting oleh pada 18 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1120 kali

Jurnal PTK Geografi berisi kumpulan artikel dan hasil penelitian yang bertemakan geografi. Jenis penelitian ini juga memiliki beragam topik dan subjek. misalkan siswa SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

Tujuan PTK Geografi

PTK dengan tema Geografi memiliki beragam tujuan dan disesuaikan dengan topik yang diangkat peneliti. Secara umum tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi.
  2. Meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran Geografi.
  3. Perbandingan hasil belajar Geografi menggunakan suatu metode tertentu.
  4. Pengembangan suatu media pembelajaran Geografi.

Topik yang Sering Diangkat dalam PTK Geografi

Jenis Penelitian Tindakan Kelas Geografi memiliki topik atau masalah yang sering guru atau peneliti temukan di dalam kelas. Beberapa topik tersebut adalah:

  1. Menggunakan model pembelajaran kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model-model tersebut antara lain, cooperative learning, group investigation dan masih banyak yang lainnya.
  2. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode discovery, debate, inquiry, problem based learning, Think Talk Write (TTW) dan lain-lain.
  3. Menggunakan beberapa metode untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa. Metode tersebut di antaranya, jigsaw, think pair share, interactive conceptual instruction dan lain sebagainya.

Contoh Penelitian PTK Geografi

Untuk lebih mengenal PTK geografi, perhatikan beberapa contoh di bawah ini:

  1. Penerapan pembelajaran “Discovery” untuk meningkatkan kemamapuan berfikir kritis siswa
    Dalam penelitian ini, materi yang diajarkan adalah lingkungan hidup dan pembangunan. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah melewati fase pembelajaran.
  2. Penggunaan metode pembelajaran “Snowball” untuk meningkatkan hasil belajar siswa
    Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya daya konsentrasi siswa dalam pelajaran Geografi. Setelah menerapkan metode Snowball, siswa memiliki nilai belajar yang lebih baik. Namun, juga harus diimbangi dengan pemahaman mendalam.
  3. Penerapan model pembelajaran “Group Investigation (GI)” untuk kemampuan berfikir kritis siswa
    Alasan diadakannya penelitian ini adalah karena kaemampuan berfikir kritis siswa sangat rendah, utamanya dalam mata pelajaran Geografi. Setelah diterapkan model pembelajaran ini, kemampuan berfikir siswa mengalami peningkatan.
  4. Penggunaan model pembelajaran “Two Stay Two Stray/ TSTS” dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep Geografi
    Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep Geografi siswa yang masih sangat rendah baik secara lisan maupun tulis. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran ini. Hasilnya dapat dilihat bahwa kemampuan siswa mengalamai peningkatan dalam pemahaman konsep.
  5. Penggunaan model pembelajaran “Inkuiri Suchman” untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa
    Subjek dalam penelitian ini masih memiliki kemampuan komunikasi yang rendah. Sehingga, peneliti memberikan treatment berupa model pembelajaran Inkuiri Suchman pada pelajaran geografi. Hasilnya kemampuan berkomunikasi siswa mengalami peningkatan.

Manfaat Penelitian PTK Geografi

Setelah mengetahui contoh-contoh Penelitian Tindakan Kelas Geografi, kemudian dapat diuraikan beberapa manfaatnya.

  1. Sebagai Inovasi
    Dalam hal ini, guru sebagai peneliti perlu untuk selalu mencoba, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajar pada pelajaran Geografi. Hal ini juga bisa dilakukan dengan terus update model pembelajaran yang sesuai dengan siswanya.
  2. Mengembangkan Kurikulum
    PTK dapat digunakan secara efektif sebagai sumber masukan dalam pengembangan kurikulum di kelas ataupun sekolah.
  3. Meningkatkan Profesionalisme Guru
    Keterlibatan guru dalam penelitian merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memahami kelas dan mencari solusi atas permasalahan yang muncul.

Demikian informasi tentang Jurnal PTK Geografi, diharapkan guru akan menemukan solusi terbaik untuk peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar lebih berkualitas. Selain itu, juga meningkatkan profesionalimenya.

Belum ada Komentar untuk KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas wajib dilakukan guna meningkatkan kualitas sistem belajar mengajar di sekolah. Sebab, tanpa dilakukannya hal tersebut, kondisi pendidik dan peserta didik tidak terkontrol dengan baik. Berikut akan diulas mengenai jurnal PTK keaktifan siswa yang harus dipahami. Masalah Yang... Selengkapnya

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN  NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu. Fokus dalam Jurnal Non PTK... Selengkapnya

MENERBITKAN JURNAL UNTUK KEBUTUHAN GURU

Volume 3 Nomor 2, Januari 2021ISSN: 2654-2536 UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI KELAS IX SMP NEGERI 1 MURUNGOleh:Ray DondangEmail: raydundang@gmail.comSMP Negeri 1 Murung ABSTRAKJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTK BK).... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.