Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

T Diposting oleh pada 31 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 478 kali

Dewasa ini zaman mulai berkembang, bahkan tuntutan setiap orang untuk menguasai teknologi semakin besar. Dalam dunia pendidikan, ada istilah mata pelajaran Teknologi, Informasi, dan Komunikasi atau yang akrab disebut dengan TIK. Mapel ini telah telah dipelajari sejak tingkatan SD hingga SMA.

Di balik pentingnya mata pelajaran tersebut, ada keresahan guru jika siswa yang dididiknya tidak bisa menguasai keterampilan berteknologi dengan baik. Oleh sebab itu, guru diharuskan menulis jurnal PTK TIK agar bisa mengetahui dan menyelesaikan masalah siswa terkait pelajaran ini.

Kendala Penerapan TIK di Sekolah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jurnal PTK TIK, akan lebih baik jika seorang guru yang akan mengadakan penelitian mengetahui apa saja kendala dalam menerapkan TIK sebagai mata pelajaran di sekolah.

1. Terbatasnya Sarana dan Prasarana di Sekolah

Permasalahan pertama yang menghambat implementasi mata pelajaran TIK yakni kurangnya sarana belajar berupa komputer dan perangkat pendukungnya di sekolah. Masalah semacam ini biasa terjadi di pelosok desa maupun lembaga pendidikan yang jauh dari jangkauan pemerintah.

Di samping itu, permasalahan yang lain adalah masih digunakannya perangkat komputer bekas dalam pembelajaran. Perangkat tersebut masih menggunakan fitur yang tertinggal dengan jaman yang semakin maju, sehingga penggunaannya tidak mampu bersaing dengan pesatnya perkembangan TIK.

2. Kepercayaan Diri Guru Rendah

Permaslahan berikutnya adalah para guru masih takut gagal dalam mengajar melalui penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang saat ini sedang gencar dilakukan. Walaupun penggunaannya dalam proses pembelajaran sangat disarankan oleh para ahli pendidikan.

3. Kurangnya Guru yang Berkompetensi Linier

Di samping rendahnya kepercayaan diri guru, kurangnya tenaga pendidik yang memang mempunyai kompetensi asli sebagai pengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi masih menjadi masalah yang begitu krusial di Indonesia.

4. Siswa dan Wali Murid yang Cenderung Menolak Perubahan

Masalah berikutnya adalah adanya sikap wali murid dan siswa yang masih kolot atau tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman. Hal ini menyebabkan adanya hambatan serius dalam pembelajaran TIK di sekolah karena siswa menjadi malas lantaran tidak adanya dukungan orang tua.

Topik Jurnal PTK TIK

Untuk mengadakan penelitian dan melaporkanya dalam bentuk jurnal PTK TIK, langkah pertamanya adalah menentukan tema atau topik yang akan menjadi fokus kajian. Lantas, apa sajakah tema menarik Penelitian Tindakan Kelas TIK? Simak rinciannya berikut ini:

1. Meningkatkan Motivasi Belajar TIK Siswa

Topik ini dianggap menarik untuk diteliti karena masih rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran TIK, sehingga keterlaksanaan kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Harapannya, dengan adanya penelitan yang dilakukan guru, masalah tersebut akan bisa terpecahkan.

2. Metode Terkini Pembelajaran TIK

Metode pembelajaran sangatlah penting untuk dikuasai seorang guru. Begitu pula pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sehigga dapat mencipatakan suasana belajar yang menyenangkan dan disukai siswa. Jika sudah begitu, maka siswa akan hobi belajar TIK.

Metode pembelajaran dalam belajar TIK yang bisa diterapkan oleh guru saat mengajar antara lain Contextual Teaching Learning, Game, Inquiry, Pair Check, Pair Teacher strategy, Cooperative Learning dan diskusi.

3. Faktor Kesulitan Belajar TIK

Topik menarik terakhir yang bisa dijadikan penelitian adalah penyebab kesulitan siswa dalam belajar TIK. Jika studi yang dilakukan berhasil, maka seorang guru akan menjadi tahu faktor kesulitan belajar siswa mereka sehingga ia bisa memperbaikinya.

Itulah penjelasan singkat tentang jurnal PTK TIK. Semoga dapat membantu penelitian Anda mengenai pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jangan lelah untuk menulis dan jadilah guru professional yang produktif.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

Publikasi adalah suatu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis dalam mempresentasikan apa yang sudah dikerjakanya. Hal ini merupakan titik tolak untuk mengetahui sejauh mana perkembangan ilmu-ilmu dalam segala bidang di seluruh dunia. Apa Itu Publikasi? Untuk membahas lebih... Selengkapnya

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

T 14 Februari 2020 F , , A aankurn

Jika Anda masih awam dalam dunia publikasi karya ilmiah, maka harus berusaha untuk belajar bagaimana cara mengetahui penerbit jurnal, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mendukung dan mempublikasikan setiap tulisan agar diketahui banyak orang. Tips Cara Mengetahui Penerbit Jurnal Kiranya,... Selengkapnya

MAKALAH KENAIKAN PANGKAT GURU PAI

MAKALAH KENAIKAN PANGKAT GURU PAI

Membuat makalah kenaikan pangkat guru PAI sejatinya bukanlah pekerjaan sulit. Akan tetapi hal tersebut juga tidak bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata. Anda perlu mengetahui tips-tips khusus supaya lancar dalam proses penulisannya sehingga tujuan pembuatanya pun berhasil. Tips Mudah Menulis... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.