Beranda » Jurnal Ilmiah » PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

T Diposting oleh pada 17 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 104 kali

Karya tulis atau jurnal dibuat oleh guru tentu tergantung jenis dan kegunaannya. Tidak terkecuali penelitian pelajaran agama Islam, seperti jurnal PTK Akidah Akhlak. Di dalamnya bisa mengulas mengenai pendidikan karakter seorang murid yang ingin diperbaiki oleh guru.

Materi–Materi dalam Jurnal Akidah Akhlak

Akidah dan akhlak adalah hubungan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Karena sebelum melakukan atau memiliki suatu akhlak, terlebih dahulu berniat dalam hati (akidah). Semakin baik ilmu atau akidah seseorang, akan semakin sempurna pula akhlaknya.
Apa saja hal yang harus dibahas dalam PTK, berikut di antaranya:

1. Akidah

Yaitu ilmu pengetahuan yang berfungsi untuk memahami perkara-perkara berkaitan keyakinan terhadap Allah SWT. Serta sifat-sifat kesempurnaan yang dimiliki oleh Allah. Akidah yang benar adalah yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Namun setiap agama memiliki pedoman akidah tertentu, walaupun kebenaran ada dalam Islam. Permasalahan yang sering di alami siswa adalah terkadang mereka memiliki akidah yang kurang baik, seperti suka mengumpat.

2. Akhlak

Sikap yang melekat pada diri seseorang dan secara tidak langsung serta tidak sengaja akan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan sehari-hari. Kemudian perilaku atau sifat itu akan berusaha dipertahankan secara terus-menerus.

Hanya ada 2 bagian besar akhlak yaitu terpuji dan tercela. Orang yang memiliki akhlak terpuji sifatnya jujur, beperilaku baik, memiliki rasa malu bisa melkaukan tindakan-tindakan buruk, rendah hati dan memiliki kesabaran luar biasa.

Sedangkan sifat tercela yang melekat pada diri manusia mengundang sifat-sifat atau perilaku seperti ahli mencuri dan kesabaran yang tidak terkontrol. Terkadang anak suka bertengkar juga bisa dilakukan penelitian, agar mencari solusi tepat untuk menanganinya.

3. Fiqih

Salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam ini secara khusus membahas seputar hukum yang mengatur segala kehidupan manusia di dunia baik pribadi, bermasyarakat atau berorganisasi, maupun hubungan privasi antara manusia dengan Tuhannya.

Menjadi 5 bagian yaitu wajib atau sesuatu yang harus dikerjakan, sunnah yang boleh dan tidak untuk dikerjakan, makruh, mubah, maupun. Terkadang pemasalahan di kelas yakni anak tidak mau untuk melakukan sholat dan perkara wajib lainnya, dengan membuat jurnal PTK Akidah Akhlak diharapkan bisa menemukan solusinya.

4. Tasawuf

Ilmu untuk mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak serta membangun jiwa untuk kebahagiaan yang kekal. Ajaran ini diperkenalkan oleh para sufi serta dianggap berasal dari pengaruh ajaran agama atau filsafat lain.

Secara umum, tasawuf bisa dimaknai sebagai kesungguhan untuk membersihkan jiwa manusia. Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, agar hidupnya hanya berfokus untuk kehidupan setelah mati serta bentuk pengabdian ibadah kepada Allah

Tujuan ajaran ini hanya agar setiap muslim berbudi pekerti, memiliki perilaku sesuai adat-istiadat yang berlaku dan sejalan dengan ajaran Islam. Dalam PTK Akidah Akhlak, diharapkan anak mengerti bagaimana hidup yang lebih menghargai apa yang dimilikinya.

Misalnya saja, bersedekah pada orang yang kurang mampu. Hal yang melatarbelakangi beberapa permasalahan ini adalah, anak di zaman sekarang lebih mementingkan uang saku banyak. Sehingga, berpotensi hidup boros dan menjadi kebiasaan sampai dewasa.

Bagi Anda yang sedang atau akan menyelesaikan jurnal PTK Akidah Akhlak untuk para siswa, harus melengkapi materi-materi yang termuat di dalamnya. Harapannya adalah, mendorong para mereka agar memiliki akidah dan akhlak yang terpuji.

Belum ada Komentar untuk PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK AKIDAH AKHLAK

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

T 14 Februari 2020 F , , A aankurn

Jika Anda masih awam dalam dunia publikasi karya ilmiah, maka harus berusaha untuk belajar bagaimana cara mengetahui penerbit jurnal, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mendukung dan mempublikasikan setiap tulisan agar diketahui banyak orang. Tips Cara Mengetahui Penerbit Jurnal Kiranya,... Selengkapnya

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

T 30 Januari 2020 F A aankurn

Walaupun teknologi dan pendidikan sudah semakin berkembang, namun banyak orang masih belum mengerti tujuan publikasi jurnal ilmiah. Sehingga, mereka malas menerbitkan karya-karya yang telah dihasilkan dan seolah hal tersebut hanya menjadi formalitas untuk memenuhi tugas saja. Tujuan Mempublikasikan Karya Ilmiah... Selengkapnya

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Pendidikan merupakan penelitian dalam bentuk karya ilmiah jurnal yang membahas seputar dunia pendidikan. Jurnal ini bersifat universal, mengingat pembahasan dunia pendidikan sangat luas dan beragam. Mulai dari isu-isu pendidikan maupun proses pembelajaran peserta didik. Tujuan Jurnal PTK Pendidikan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.