Beranda » Jurnal Ilmiah » SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

T Diposting oleh pada 13 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2258 kali

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK- Ketika menulis sebuah penelitian maupun buku, Anda harus menggunakan sebuah refrensi. Keberadaannya sangat diperlukan sebab, membantu melengkapi data ataupun teori. Namun, harus diperhatikan karena hanya syarat jurnal ilmiah yang baik dapat di jadikan literatur.

Keberadaan Jurnal Ilmiah sebagai Bahan Refrensi

Apabila semakin banyak sebuah refrensi yang berkualitas, tentu akan menghadirkan nilai lebih terhadap hasil yang ditulis. Karenanya, suatu literatur merupakan sumber kekayaan dari berbagai konten keilmuan di dunia ini.

Mengulik seputar refrensi, pada umumnya berwujud buku, baik sejenis acuan ajar akademik yang memiliki sifat tematik maupun lainnya. Meskipun ada perbedaan, biasanya panjang tulisan jurnal tidak sepadan dengan literatur, serta tingkat ketebalannya juga berbeda.

Hal yang menjadikan jurnal lebih banyak dijadikan refrensi utama ialah, karena tingkat kebasahannya dalam suatu data sangatlah kredibel. Serta, bentuk penyajian di dalamnya langsung mengarah kepada titik masalah. Sehingga sangat efektif untuk dijadikan sumber.

BACA JUGA
PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURUJENIS-JENIS

JURNAL ILMIAH SECARA UMUM

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

Syarat Penulisan Jurnal Ilmiah agar Berkriteria Baik

Banyak jenis jurnal yang bisa Anda dapatkan, baik melalui internet, maupun hardfile di berbagai perpustakaan. Namun, perlu diketahui tidak semuanya terakreditasi. Untuk itu, perlu diperhatikan mengenai syarat jurnal ilmiah yang baik agar layak dijadikan literatur. Seperti:

1. Judul dan Isi Memiliki Tingkat Signifikansi Tinggi

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika menetapkan jurnal sebagai bahan refrensi adalah, antara tema, judul dan isi memiliki keterkaitan signifikan. Sebab, ketiganya menjadi komponen utama dalam acuan penulisan.

2. Jurnal Memiliki Rigour yang Kuat

Sebuah jurnal akan memiliki jumlah pembaca serta penggunaan yang tinggi apabila, pertanyaan riset yang diajukan dengan metodologi saling berkaitan. Tidak jarang literatur jenis ini sering kali lemah dalam bidang metode penelitiannya.

3. Memiliki Topik Penelitian yang Menarik

Sebelum menulis sebuah penelitian, pastikan memilih berbagai jurnal yang memiliki topik menarik. Mengapa demikian? Sebab kehadirannya akan sangat mempengaruhi kualitas tulisan Anda nantinya. Hal ini dikarenakan rujukan-rujukan juga menjadi bagian utama.

4. Pilih Jurnal dengan Penggunaan Tata Bahasa yang Baik

Terkadang meskipun sebuah jurnal telah lolos dipublikasikan, tidak jarang ditemui penggunaan tata bahasanya kurang sepadan. Agar kualitas tulisan Anda layak dijadikan refrensi di kemudian hari, perhatikan dengan betul mengenai bagian ini.

5. Jurnal yang Baik Adalah Telah Terakreditasi

Selain memperhatikan syarat jurnal yang baik di atas, cara sederhana agar Anda mendapatkan kriteria sesuai kebutuhan, yakni perhatikan akreditasinya. Paling tidak gunakan refrensi dengan grade A atau B. Ini dibutuhkan untuk menjaga keabsahan tulisan.

6. Memiliki International Standart Serial Number

Tidak cukup dengan memperhatikan tingkat akreditasi saja, melainkan lihat di pojok kanan atas, apakah terdapat ISSN atau tidak. Pastikan jurnal telah memiliki International Standart Serial Number, sebab menjadi identitas bahwa telah berhasil lolos seleksi badan refrensi di dunia.

7. Mentaati Etika Publikasi Pada Halaman Website

Bentuk mentaati etika ini adalah penulis atau peneliti mengukuti aturan penerbitan. Yakni paling tidak 2 kali rilis dalam satu tahun. Dimana terhitung mundur dari tanggal dan bulan ketika mengajukan untuk akreditasi.

8. Jurnal Ilmiah Memiliki Isi Sesuai dengan Namanya

Jurnal bukanlah suatu bacaan yang terbilang terlalu serius, melainkan karena memiliki sebutan ilmiah. Maka dari itu, isi dan kandungan di dalamnya harus terdapat berbagai data serta informasi. Dengannya kemudian dikomparasikan dengan suatu ilmu lainnya.

Kini Anda tidak perlu khawatir mengenai keberadaan refrensi untuk dijadikan bahan literatur. Dengan memperhatikan syarat jurnal ilmiah, maka proses pengolahan informasi dapat berlangsung kredibel. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

T 15 November 2019 F A aankurn

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU-Kewajiban pendidik adalah untuk mencerdaskan anak-anaknya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk dapat mencapai hasil akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, menjadi seorang guru tidak cukup hanya dengan mengajar, yakni juga dibutuhkan seperangkat silabus dari refrensi jurnal... Selengkapnya

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Pendidikan merupakan penelitian dalam bentuk karya ilmiah jurnal yang membahas seputar dunia pendidikan. Jurnal ini bersifat universal, mengingat pembahasan dunia pendidikan sangat luas dan beragam. Mulai dari isu-isu pendidikan maupun proses pembelajaran peserta didik. Tujuan Jurnal PTK Pendidikan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.